Departemen & Lembaga

Kaderisasi

Departemen Kaderisasi berdasarkan tata laksana organisasi memiliki tiga tugas utama, yaitu menyelenggarakan kaderisasi anggota, melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan militansi ruhiyah anggota pengurus, melaksanakan kegiatan lain yang dapat menumbuhkembangkan tsaqofah islamiyah mahasiswa muslim USU, serta menghimpun & mengelola database anggota.

Dari keempat tugas utama tersebut dituangkan dalam bentuk program kerja berupa kegiatan pengkaderan yaitu T’RANSIT (Training Studi Islam Pertama), TRANSIL (Training Studi Islam Lanjutan), & TRANSISI (Training Studi Islam Intensif),  Kajian Pengurus UKMI (KPU ) sebagai wadah meningkatkan militansi pengurus dan silaturahim, serta Training/Dauroh untuk meningkatkan pengetahuan anggota dan pengurus UKMI Ad-Dakwah USU.

Kajian Kontemporer (KK)

Departemen Kajian Kontemporer dibentuk dengan landasan berfikir  bahwa seorang mahasiswa muslim USU, terutama yang bergabung dalam UKMI Ad-Dakwah USU tidak hanya harus memiliki pengetahuan dalam ilmu agama, namun juga wawasan kontemporer pada saat ini. Garis-garis besar program kerja bidang KK adalah  mencakup kegiatan-kegiatan seperti Bedah Kampus (tujuannya untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa mengenai informasi-informasi kampus serta meningkatkan wawasan mahasiswa), diskusi kontemporer today atau disingkat Diskon Today (mengasah jiwa ilmiah mahasiswa melalui dikusi kontemporer), dsb.

Komunikasi Dakwah (Komda)

Departemen Komunikasi Dakwah bertugas menjalin hubungan silaturahim dan kerjasama antara UKMI dengan organisasi ataupun instansi lain di luar UKMI. Selain itu, Komda juga bertanggung jawab dalam mempublikasikan keberadaan UKMI di lingkungan civitas akademika khususnya, dan di lingkup nasional umumnya serta melaksanakan kegiatan syiar  islam. Program kerja departemen Komda antara lain PRW (Public Relation Workshop), Rihlah Bareng BKM (LDF), POSTING (Poster Penting), Jaulah LDK, DX-4 (Dakwah Expo season 4), PMB (Penyambutan Mahasiswa Baru), dan kegiatan-kegiatan syiar lainnya yang bersifat insidental.

Dana dan Usaha (Danus)

Departemen Dana dan Usaha adalah departemen yang bertanggungjawab dalam melaksanakan kegiatan yang menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan anggota serta menambah harta kekayaan UKMI Ad-Dakwah USU. Program kerja departemen Danus antara lain KUAH (Kue Ukhuwah), UKMI Cell (Penjualan Pulsa), UKMI Florist (Usaha Florist UKMI), dan HaPa (handycraft,parfum non alcohol).

Kajian Muslimah (Kamus)

Kajian Muslimah mempunyai peran penting dalam melaksanakan kegiatan pembinaan kemuslimahan bagi anggota UKMI Ad-Dakwah USU dan mahasiswa muslim USU. Selain itu kamus UKMI juga melakukan koordinasi dengan kemuslimahan LDF dalam kegiatan-kegiatan besar kemuslimahan. Program kerja kamus antara lain PERAWAT (Pelatihan Para Akhwat) dan Jalatsah Ruhy.

Dakwah Training Centre (DTC)

DTC merupakan lembaga khusus yang bertanggung jawab dalam menganalisis, mensintesis, memonitor mengevaluasi serta mengembangkan latihan sekaligus meningkatkan kualitas para instruktur. Lembaga ini bertugas mengelola pelatihan-pelatihan atas permintaan pengurus maupun luar pengurus UKMI Ad-Dakwah.

Lembaga Jurnalistik (LJ)

Lembaga Jurnalistik merupakan salah satu corong UKMI dalam mempublikasikan UKMI ke luar. LJ bertugas Menyelenggarakan kegiatan jurnalistik yang bersifat intern dan ekstern UKMI Ad-Dakwah, menyelenggarakan media jurnalistik sebagai wadah untuk menumbuhkembangkan kapasitas  kejurnalistikan mahasiswa, dan menyelenggarakan penyebaran informasi kegiatan UKMI Ad- Dakwah USU melalui media jurnalistik. Kegiatan-kegaiatan yang dilaksanakan oleh LJ, antara lain Pelatihan Dasar Jurnalistik, penerbitan buletin “Islamic Journal” dan Mading.

%d bloggers like this: