Fiqh Da’wah: Prinsip dan kaidah dasar Dakwah

http://alhikmah.ac.id/2011/kami-adalah-dai/

Gerakan Jilbab – Kemuslimahan USU (GJ-KU) Muslimah Beraksi, Berdedikasi, untuk Pertiwi

Kegiatan yang dikoordinir oleh Departemen Kajian Muslimah LDK UKMI Ad-Dakwah USU ini dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2012. Seluruh Departemen Kemuslimahan LDF di USU serta beberapa LDK di Medan juga turut

Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka memeriahkan Hari Menutup Aurat Internasional : 14 Februari. Inisebagaiupaya untuk member kesadaran akan kewajiban menutup aurat kepada masyarakat Muslim dengan cara yang lebih menarik. Selainitu, kegiatan juga dimaksudkan untuk menghilangkan frame 14 Februari sebagai Hari Valentine yang merupakan hari peringatan umat Kristen. Tidak sepatutnya umat Muslim memperingati hari istimewa umat agama lain.

Dalampelaksanaannya, mahasiswi Muslim membagi-bagikan jilbab kepada setiap masyarakat Muslim yang lewat. Seperti di Pintu 4 USU, masyarakat Muslim yang mendominasi adalah mahasiswi dan ibu-ibu pekerja yang melewati tempat tersebut. Sedangkan di Merdeka Walk dan Stadion Teladan, masyarakatnya merupakan masyarakat umum yang melewati tempat-tempat tersebut. Lain lagi di simpang Kolam Renang Selayang, masyarakatnya kebanyakan adalah pelajar SMP dan SMA.

Secara umum, masyarakat menyambut baik adanya kegiatan ini. Pengunjung tiap-tiap stand selalu memberikan apresiasi positif kepada mahasiswa. Mereka ingin kegiatan ini dapat dilaksanakan tidak hanya sekali, tetapi setiap tahunnya dan terus berkelanjutan.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan cara mengadakan perlombaan memakai jilbab di tiap stand. Hal inibertujuan agar masyarakat yang belum memakai jilbab tertarik untuk mengenakan jilbab. Sedangkan yang sudah memakai jilbab, diajak agar memakai jilbab yang lebih rapi.

Di akhir kegiatan GJ-KU ini, yaitu pada sore harinya, mahasiswa/i Muslim dari tiap stand berkumpul untuk melakukan aksi damai di Simpang Kampus USU. Aksi dilakukan dengan orasi yang dibawakan oleh beberapa mahasiswa, antara lain Zuwarbi Wiranda, selaku koordinator kegiatan, Reviana Revita Sari selaku koordinator stand Pintu 4 USU, dan Munadiyah Asy-Syahidah sebagai ketua Departemen Kajian Muslimah USU.

“Take the Stocks and Bawa ke Kampung!”

“Take the Stocks and Bawa ke Kampung!”

Ini satu lagi acara fenomenal yang diselenggarakan oleh Dept.Kaderisasi UKMI Ad-Dakwah. Bagaimana tidak?
Dari namanya saja udah ngalah2in kereta api gitu (panjang, red). hehe..
Tapi Laa Ba’sa (no problem, red), karena terkadang kita perlu juga melugaskan sesuatu dengan cara begini (meskipun pada kenyataannya semua malah makin bingung, “ini acara apa?”)
Yup, Kadri mencoba mempersembahkan hal-hal berbeda untuk ke kawan semua. Sebagai Persiapan liburan yang tumben-tumbenan sangat lama (2.5 bulan). Agar tak terlena di pangkuan Bunda.
Acara ini diadakan di “Rerumputan” Pendopo USU. Nah, bisa kebayangkan? Siang itu kami jadi Ghurobaa (orang asing, red). Pendopo yang biasanya tempat main skater, tiba-tiba didatangin gerombolan orang tak dikenal tapi terkenal (loh?). Jilbab lebar plus Celana Gantung (maksudnya bukan berjilbab lebar dengan celana gantung ya? bedakan! hehe)
Di pembukaannya (sebelum meninggalkan kami untuk menunaikan tugas negara yang lain), Ketua Umum UKMI Ad-dakwah menyampaikan rasa “surprised”-nya karena terselenggarakannya acara fenomenal ini. Beliau sangat mendukung jika acara-acara UKMI dibuat di tempat2 baru, bukan hanya 2 tempat aja (Lantai 1 Masjid Dakwah dan Lantai 2 Masjid Dakwah, red). Beliau juga berpesan, anggota UKMI ketika pulang kampung tidak boleh duduk diam di rumah saja, harus sesibuk ketika di Medan. Gak boleh istirahat “dakwah”-nya.
Tak sampai disitu, acara ini mengesankan karena sekaligus SILATURAHIM dengan adik-adik Lulusan TRANSIT. Subhanallah, pasukan UKMI nambah! mudah2an sejalan dengan kualitasnya.
Tak sampai disitu lagi, acara berpindah dari rerumputan ke Basecamp Club Pramuka Kampus. Alhamdulillah sekaligus bisa silaturahim ke kekawan di Pramuka. Di ruang itulah makanan dibagikan (Syukran buat ibu Bendahara UKMI yang rutin nyuplai makanan). Di ruang itu pula, group FADER baru diumumkan. SELAMAT buat 5 Orang Kakak/Abang FADER (Yuliatil, Silvi, Winni, Suliyati, Imam, Nindi).
Terakhir, diumumkanlah beberapa bekal yang bisa dibawa selama pulang kampung (seperti tertera di gambar).
silakan bersilaturahim sebanyak-banyaknya, nambah skill sebanyak-banyaknya (seperti ngendarain helikopter) dan bikin karya seunik-uniknya.
Ketua Departemen KADRI bilang itu adalah PAKET METAMARFOSA. mudah2an.
(Disampaikan pula Big Thanks buat Kadept Kadri yang bolak-balik Rerumputan-Ruang Pramuka buat mindahin Motor/Kereta2 yang ada)

Kegiatan Sudah Berlayar (KSB)

ADa SingKong di AntaRa Q-ta

Aku suka singkong, kau suka keju

Aku suka jaipong, kau suka disko

Eits…Lirik lagu Madu & Racun di atas tidak ada hubungannya kegiatan di bawah ini, hanya ada sedikit kemiripan dalam kata singkong (ngeles.com).

Kegiatan ini disponsori oleh departemen kaderisasi dan crew UKMI Ad-Dakwah  (yang terlibat dalam menyediakan seluruh perkakas dapur dan dapur darurat yang sengaja dibentuk) demi kesuksesan acara perlombaan masak antara kubu ikhwan VS akhwat. Pertempuran tersebut dilaksanakan untuk merayakan kepengurusan UKMI Ad-Dakwah periode 2011 yang baru terbentuk.

Kubu Pertama : Ikhwan Ad-Dakwah

Kubu Kedua : Akhwat Ad-Dakwah

And the winner is………………….

Satukann suaraa : “Akhwat donk”

NB : Ikhwan silahkan coba tahun depan

TRANSISI

Kader Tangguh, Dakwah Kokoh”

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar” (An-Nisa:9)

Training Studi Islam Intensif (TRANSISI) merupakan pintu gerbang lanjutan bagi anggota biasa menuju komunitas anggota inti UKMI Ad-Dakwah USU yang akan diadakan pada tanggal 25-30 Juni 2011. Pelaksanaan TRANSISI kali ini bertujuan untuk menghasilkan generasi inti gerakan dakwah, generasi pengambil kebijakan yang mampu menentukan arah kapal UKMI Ad-Dakwah berlayar nantinya.